Sabtu, 05 Maret 2011

DISTRO LINUX

Distro Linux dengan Banyak Turunan

* View
* Track

Sat, 27/06/2009 - 22:00 — ekodidik
Your rating:
0

Saat ini, distro Linux apa yang mempunyai banyak turunan (derivative)?

Puppy Linux OS adalah salah satu distro dengan turunan yang banyak, lebih dari 50 distro turunan dikembangkan dari Puppy Linux ini. Puplet, sebutan distro turunan dari Puppy, antara lain GrafPup, MacPup, Icepup dll membawa ciri khasnya masing-masing.

Mengapa distro ini demikian populer?

Yang pertama, Puppy Linux datang dengan script untuk membangun distro sendiri, mulai dari remastering, puppy-unleashed, dan t2. Dengan remastering, seseorang bisa menginstall Puppy standar kemudian menambah aplikasi yang dibutuhkan dan melakukan kustomisasi konfigurasi, dan selanjutnya membuat file image iso yang baru dari sistem Linux yang telah dimodifikasi tersebut. Dengan puppy-unleashed, seseorang dapat membangun distro sendiri dengan memilih aplikasi-aplikasi yang diperlukan. Aplikasi ini telah tersedia sebagai paket biner puppy (*.pet). Dengan t2 (t2-dingo), seseorang dapat membangun distro dari scratch, mulai dari konfigurasi, kompilasi dan instalasi paket-paket aplikasi dari kode sumbernya. Pembuat distro turunan Puppy tinggal memilih cara mana yang akan digunakan untuk membangun distronya.

Yang kedua, dalam membuat distro, seseorang dituntut untuk mempertahankan ciri khas Puppy Linux sebagai distro mini dengan footprint kecil (di bawah 200 MB). Hal ini membuat pencipta distro harus memilih secara selektif aplikasi-aplikasi apa yang harus ada di distronya, diantaranya browser yang digunakan (Opera, Mozilla, Firefox), window manager (xfce, jwm, enlightenment, icewm, dll), theme (Mac) maupun aplikasi spesifik lainnya. Karena preferensi tiap orang berbeda, tumbuhlah beragam variasi Puplet. Perbedaan-perbedaan inilah yang menjadi ciri khas dalam tiap distro turunan Puppy Linux ini.

Bagaimana memilih Puplet yang sesuai?

Ini tergantung dari preferensi sebagai pengguna. Cari distro turunan yang mempunyai aplikasi yang dibutuhkan. Ini menjadi langkah awal, meskipun Puppy Linux juga menawarkan paket-paket aplikasi *pet yang dapat diinstall. Dengan menentukan base sistem Linux yang sesuai, akan cukup menghemat resource komputing yang diperlukan (ruang harddisk, memori)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar